JADWAL PUASA DAN IMSAKIYAH RAMADHAN 1434 H 2013

PAN Siapkan 50 Posko Mudik Lebaran

JAKARTA -- DPP Partai Amanat Nasional (PAN) melalui organisasi sayapnya, Penegak Amanat Reformasi Rakyat (PARRA) Indonesia menyiapkan 50 posko mudik Lebaran yang ditempatkan di berbagai lokasi jalur mudik Pulau Jawa.

"Program ini Insya Allah akan dilaksanakan 1 sampai 8 Agustus 2013. Program ini merupakan kelanjutan program tahun sebelumnya yang digalakkan oleh PAN," kata Ketua Umum PARRA Indonesia Rusli Halim Fadli, di Jakarta, Minggu.

Menurut dia, 50 posko mudik yang disiapkan PAN tersebar di sepanjang rute mudik, dilengkapi berbagai fasilitas yang memungkinkan pemudik tetap bugar dan ceria selama dalam perjalanan.

Beberapa fasilitas yang disediakan antara lain tempat istirahat, tempat menyusui, pijat refleksi, P3K, hidangan rakyat, toilet, dan bengkel darurat.

Ia mengatakan, 50 posko mudik itu, antara lain, berada di Pelabuhan Merak, Bekasi, Cikampek, Subang, Cirebon, Tegal, Bandung, Garut, Tasik, Pekalongan, Kendal, Semarang, hingga Pelabuhan Ketapang.

"Penempatan posko ini disesuaikan dengan daerah rawan macet dan kecelakaan, yang disebabkan karena faktor kelelahan. Diharapkan, dengan adanya posko ini dapat menekan angka kecelakaan saat mudik lebaran," tutur Rusli.

Selain posko mudik lebaran, lanjut dia, PAN juga mengadakan mudik gratis ke seluruh pelosok di Pulau Jawa. Sedikitnya telah disiapkan 200 unit bus AC untuk memberangkatkan 5000 pemudik, kata Rusli.

Ia mengatakan, DPP PARRA Indonesia bersama DPW dan DPD telah mengadakan Rakor persiapan Posko Mudik 2013 "Posko Aksi Nyata bersama Pak HATTA" pada Sabtu (27/7) di Rumah PARRA Indonesia.

Menurut dia, program itu sebagai salah satu bentuk komitmen dan aksi nyata PAN kepada masyarakat dalam rangka menyambut para pemudik yang ingin pulang ke kampung halamannya.

"PAN tidak hanya melakukan kegiatan untuk kepentingan kader dan partai semata, tetapi secara langsung melakukan kegiatan aksi nyata di masyarakat, khususnya yang menyangkut kesejahteraan dan
peningkatan taraf hidup masyarakat," katanya seraya menambahkan pendirian posko mudik itu hampir sama dengan mudik lebaran tahun lalu.
a